Profil John Arne Riise - Pemain Bola

John Arne Semundseth Riise adalah seorang pemain sepak bola profesional asal Norwegia yang bermain sebagai bek kiri untuk Fulham di Liga Primer Inggris dan tim nasional Norwegia.

Profil John Arne Riise

Nama Lengkap : John Arne Semundseth Riise
Tempat Lahir : Alesund, Norwegia
Tanggal Lahir : 24 September 1980
Kebangsaan : Norwegia
Posisi : Bek
Bermain di Klub : AS Roma










Riise mempunyai adik kandung yang juga pemain sepak bola Bjørn Helge Riise, yang merupakan rekan satu tim di Fulham. Riise mengawali karier sebagai pemain yunior Aalesund. Ia pernah bermain untuk tim utama Aalesund, AS Monaco, Liverpool, dan Roma sebelum bergabung dengan Fulham pada bulan Juli 2011.


Riise memulai karirnya bersama klub Aalesund. Setelah semusim bermain di tim inti, dia pindah ke luar negeri pada tahun 1998 dan melanjutkan karir profesionalnya ke klub Perancis, Monaco. Riise menjadi pemain inti dalam tim yang menjuarai Ligue 1 1999-2000. Tetapi dia langsung disisihkan oleh pelatih Claude Puel, begitu mengutarakan keinginannya untuk pindah. Meski juga diincar oleh Fulham dan Leeds United, akhirnya dia pindah ke Liverpool dengan transfer 4 juta poundsterling. Dia menjadi pembelian pertama Liverpool di transfer tahun 2001.

Riise memulai debutnya bersama Liverpool di ajang Piala Super Eropa 2001 melawan Bayern Munich di stadion Stade Louis II, dan berhasil mencetak gol dalam kemenangan 3-2 Liverpool. Pada musim 2002-2003 dan 2003-2004 dia tidak berhasil menunjukkan kemampuan terbaiknya. Baru di musim 2004-2005, kemampuan terbaiknya muncul kembali seiring dengan penunjukan Rafael Benitez sebagai manajer dan berhasil memenangkan gelar Liga Champions.

Selama musim 2007-2008 season, posisinya mulai digantikan oleh Fabio Aurelio. Setelah beberapa kali dikaitkan dengan klub Liga Inggris, akhirnya pada tanggal 18 Juni 2008 dia menandatangani kontrak 4 tahun bersama AS Roma dengan transfer sebesar 4 juta poundsterling dengan gaji 2,8 juta Euro per tahunnya. Gol pertamanya terjadi saat melawan Inter Milan.

Referensi :
http://id.wikipedia.org/wiki/John_Arne_Riise
http://www.bola.net/profile/john_arne_riise/

Comments :

0 comments to “Profil John Arne Riise - Pemain Bola”

Post a Comment